15 Mar 2010

Obat Generik, paten, atau generik bermerk ?


Istilah obat generik dan obat paten bukan lagi istilah yang asing di telinga kita, bahkan hampir semua kita telah mengetahuinya. Namun apakah penggunaan istilah tersebut sudah benar?. Pertanyaan ini mungkin terkhusus buat Teman Sejawat dokter agar tidak keliru dalam penggunaannya. Kali ini kita hanya akan menyegarkan kembali istilah yang sudah sering kita gunakan walaupun tulisan dengan topik yang sama sudah banyak ditulis, namun kali ini akan dibuat secara ringkas saja. Bagi yang sudah tahu alhamdulillah, semoga semakin memantapkan pengetahuannya dan dapat memberikan masukan pada tulisan ini, dan bagi yang belum tahu semoga pengetahuan ini dapat bermanfaat.

Obat Generik
Obat yang digunakan untuk terapi terbuat dari bahan-bahan yang yang mengandung zat yang berkhasiat terapeutik dan pembuatan obat ini setelah melalui penelitian yang panjang. Zat yang berkhasiat terapeutik ini merupakan zat inti dari obat tersebut yang dikenal dengan istilah Generik. Setelah melewati proses pengujian dan disetujui oleh otoritas kesehatan maka sebuah obat dapat diproduksi dari bahan generik ini yang nantinya kita kenal dengan istilah Obat Generik.

Obat Paten
Pembuatan obat generik tadi oleh suatu perusahaan farmasi tidak terjadi begitu saja melainkan dari proses penelitian dan uji coba produk yang panjang yang semuanya menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Olehnya, perusahaan yang menemukan zat generik tadi dan memproduksi obat dari bahan tersebut, ia mendapatkan hak paten dimana tidak boleh ada perusahaan lain yang memproduksi obat dari bahan yang sama selama 20 tahun. Obat yang diproduksi oleh sebuah perusahaan dalam masa hak paten inilah yang dikenal dengan istilah Obat Paten. Jadi istilah obat paten hanya untuk obat-obat yang masih dalam masa hak paten sebuah perusahaan dan merk dari obat tersebut tergantung dari perusahaan tadi ingin menamainya dengan merk apa.

Obat Generik Bermerk
Obat paten tadi, setelah melewati masa hak patennya (20 tahun), maka perusahaan mana saja dapat memproduksi obat dari bahan generik tadi dengan berbagai macam teknik pembuatan tergantung oleh perusahaan pembuatnya. Dari perusahaan-perusahan inilah maka akan terbentuk berbagai macam obat dengan merk dagang yang berbeda yang diproduksi dari bahan generik yang sama. Obat-obat dengan merk dagang inilah yang kita kenal dengan istilah Obat Generik Bermerk atau Obat Bermerk.

Catatan :
·         Kekeliruan sebagian besar dari kita pada penggunaan istilah obat paten. Kebanyakan dari kita menyebut obat paten pada obat-obat yang memiliki merk dagang. Jadi asal bermerk maka disebut obat paten.
·         Pentingnya meluruskan pemahaman mengenai obat generik dan obat paten karena hubungannya dengan sugesti pasien. Kebanyakan pasien jika kita menyebut obat generik akan berpikir bahwa obatnya kurang baik, kurang kuat untuk menghasilkan efek terapi, atau menganggap sebbagai obat murahan. Dan sebaliknya jika kita menyebut obat paten maka akan berpikir bahwa obatnya ampuh.
·         Dengan pengetahuan yang benar mengenai obat generik dan obat paten, maka diharapkan bagi kita tenaga medis untuk tidak lagi keliru dalam penggunaannya dan kita dapat memberikan penjelasan yang benar kepada pasien yang mungkin sebagian besar masih Fobi terhadap obat generik.
·         Yang terpenting dari uraian ini, agar kita tidak melupakan bahwa apakah itu obat generik, obat bermerk, ataukah obat paten, semuanya hanyalah sarana menuju kesembuhan. Keyakinan kita harus tetap pada porosnya yang benar bahwa "kesembuhan hanya milik Allah", agar kita tidak menganggap alat medis, obat, maupun dokternya yang menyembuhkan.

Selesai ditulis sebelum waktu dzuhur,
28 Rabi al Awwal 1431 H, di Kuaro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Belajar Islam

Computer Tips & IT

Kesehatan